Senin, 24 Oktober 2011

Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen di Restaurant BAKMI UCIL Chinese Food

BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Masalah
Kepuasan pelanggan adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan, dan kebutuhan pelanggan dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.Pengukuran kepuasan konsumen merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efektif dan lebih efisien. Apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini sangat penting terutama bagi pelayanan publik.
Dari sekian banyak perusahaan yang yang terus memperbaiki kinerjanya dalam menjaring konsumen salah satunya adalah Restaurant BAKMI UCIL Chinese Food, dalam perkembangannya restaurant ini dituntut untuk melakukan peningkatan pelayanan dan pengembangan produk.hal tersebut untuk memenuhi harapan dan kebutuhan konsumen.
Tingkat kepuasan konsumen merupakan faktor yang penting dalam mengembangkan suatu sistem terhadap kebutuhan pelanggan,meminimalkan biaya dan waktu serta memaksimalkan dampak pelayanan terhadap populasi.pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efektif dan lebih efisien. Apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut  dipastikan tidak efektif dan tidak efiien.
Hal ini sangat penting terutama bagi pelayanan publik. Pada kondisi pasar persaingan sempurna dimana pelanggan mampu untuk memilih diantara beberapa alternatif pelayanan dan memiliki informasi yang memadai, kepuasan pelanggan merupakan suatu determinan, kunci dari tingkat permintaan pelayanan dan operasionalisasi pemasok.
Meskipun untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumendan pelanggan ini sulit diukur pada prinsipnya kepuasan konsumen dapat diukur. Oleh karena itu penulisan ilmiah ini mengambil judul “Mengukur Kepuasan Konsumen di Restaurant BAKMI UCIL Chinese Food”.

1.2    Rumusan dan Batasan Masalah
1.2.1    Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah Restaurant BAKMI UCIL dapat memberikan pelayanan kepuasan terhadap konsumen dengan sistem pelayanannya?


1.2.2    Batasan Masalah
Dalam hal ini penulis membatasi permasalahan dengan data kuesioner dengan menggunakan metode chisquare.

1.3    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penlitian ini : Untuk mengetahui apakah konsumen merasa puas atau tidak puas dengan pelayanan yang diberikan Restaurant BAKMI UCIL Chinese Food.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar